Tips Resep dan Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih

· Posted in

Resep Sambal Goreng Kentang - Sambal goreng kering kentang dengan tekstur yang renyah kriuk begitu populer di masyarakat. Tak heran, karena rasanya yang lezat dengan cita rasa yang top ini disukai oleh banyak orang terutama para penggemar cemilan gurih. Biasanya kudapan ini dijual di toko-toko yang menyediakan cemilan dan oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau. Namun jika kita bisa membuatnya kenapa tidak?
Resep Sambal Goreng Kentang, Cara Membuat Sambal Goreng Kentang
gambar : resepmasakann.info
Cara membuat sambal goreng kentang tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan sambal goreng tempe. Perbedaannya terletak pada bahan dasar yang digunakan. Namun ingat, tidak semua jenis kentang bisa dijadikan bahan baku sambal goreng kering kentang karena kentang jenis tertentu yang memiliki kadar pati rendah tidak cocok untuk digoreng.

Kentang yang digunakan untuk tujuan pengolahan dengan cara digoreng haruslah memiliki kadar pati yang tinggi. Jika tidak, hasil akhir tidak akan garing dan keriuk. Ciri dari kentang ini adalah memiliki daging umbi yang relatif padat, perbedaannya dengan kentang yang memiliki pati rendah terasa saat kentang dikupas.

Kentang dengan kadar pati tinggi agak keras saat dikupas dibandingkan dengan kentang yang memiliki pati rendah. Warna daging umbinya juga relatif lebih putih karena kandungan patinya tinggi. Di kalangan petani, kentang ini biasa disebut dengan kentang atlanta, atlantis atau frying potatoes.

Resep Sambal Goreng Kentang Pedas Gurih Spesial Ala Qudapan

Makanan yang di daerah Jawa Barat populer dengan sebutan kentang Mustofa ini memang memiliki cita rasa yang top bingit. Bisa dijadikan sebagai cemilan ataupun teman makan nasi layaknya sambal goreng tempe. Untuk membuatnya, terlebih dahulu persiapkan bahan-bahan beserta bumbu-bumbu berikut ini.

Bahan Resep Sambal Goreng Kentang

  1. 500 gr kentang atlantis (kentang khusus untuk kentang goreng)
  2. kapur sirih secukupnya

Bahan Bumbu

    1. 4 sdm gula pasir
    2. 4 lbr daun jeruk
    3. 2 lbr daun salam
    4. 1 sdt kaldu ayam bubuk (opsional)
    5. 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 1/3 gelas air
    6. garam secukupnya

    Bumbu Halus

      1. 6 siung bawang merah
      2. 4 siung bawang putih
      3. 10 bh cabai merah keriting

      Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

      1. Kupas kentang, iris memanjang berbentuk batang korek api. Agar cepat kita bisa menggunakan serutan dengan aray yang cukup besar sehingga didapatkan hasil serutan sebesar batang korek api.
      2. Rendam kentang yang sudah diiris / diserut dengan larutan kapur sirih agar kadar air didalam kentang berkurang. Rendam selama kurang lebih 15 menit, jika sudah selanjutnya tiriskan hingga air rendaman mengering/tidak menetes.
      3. Goreng kentang dengan cara deep fry secara bartahap. Agar hasilnya garing, jangan terlalu banyak memasukkan kentang kedalam penggorengan. Apalagi jika kentang tadinya kita serut, goreng sedikit-sedikit saja agar bisa kering sempurna dan tidak menggumpal. Jika sudah maka sisihkan terlebih dahulu.
      4. Selanjutnya kita persiapkan sambal gorengnya, tumis bumbu halus beserta dengan daun salam dan daun jeruk hingga tercium bau harum.
      5. Tuangkan air asam jawa, gula pasir, kaldu ayam bubuk (opsional) dan garam secukupnya. Masak hingga airnya mengering dan mengeluarkan aroma harum.
      6. Jika sambal sudah matang kecilkan api, masukkan kentang goreng dan aduk hingga bumbu tercampur rata dengan kentang gorengya.
      Bagaimana, cara membuat sambal goreng kentang ternyata cukup mudah bukan? Resep sambal goreng kentang ini bisa bertahan beberapa hari di suhu ruangan. Agar bisa lebih awet dan tahan lama, biarkan sambal goreng kering kentang benar-benar dingin baru kemudian dimasukkan kedalam toples atau plastik kemasan. Masukkan kedalam lemari pendingin agar kriuknya tetap terjaga. Tapi kalau saya biasanya tidak sampai dua hari juga sudah ludes, hehe. Silahkan dicoba dan temukan resep lainnya hanya di Qudapan!

      Resep Lainnya yang Wajib Kalian Coba

      Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana
      Resep Es Sop Buah Segar Dan Menyegarkan
      Resep Kue Cornflakes Cookies Renyah
      Resep Kacang Bawang Renyah Dan Gurih
      Resep Es Kopyor dari Agar-Agar
      Resep Kolak Pisang Nangka Penggugah Selera

      Leave a Reply

      Disclaimer

      Semua gambar yang anda temukan di sini diyakini ada di dalam "domain publik". Beberapa gambar yang ditampilkan tidak diketahui secara pasti sumber asalnya. Kami tidak berniat untuk melanggar hak intelektual yang sah, hak artistik atau hak cipta. Jika Anda adalah pemilik sah dari salah satu gambar yang diposting di situs ini, dan tidak ingin ditampilkan atau jika Anda memerlukan kredit yang sesuai, maka silakan hubungi kami dan kami akan segera melakukan apa saja yang diperlukan dengan menghapus atau memberikan kredit pada konten yang ditampilkan.

      Total Pageviews

      Powered by Blogger.