Tips Resep dan Cara Membuat Es Doger Sederhana Ala Rumahan

· Posted in

Resep Es Doger Sederhana - Es doger banyak ditemui di kota Bandung dan berbagai kota besar lainnya. Namun tahukah kalian, es doger sebenarnya berasal dari kota Cirebon! Es doger berasal dari istilah 'dorong gerobak' yang kemudian disingkat menjadi es doger.

Seiring perkembangannya, es doger tidak cuma dijual di gerobak. Minuman yang memiliki cita rasa manis, lezat dan gurih ini semakin populer hingga tersedia sebagai pilihan menu di cafe-cafe berkelas.
Resep Es Doger Sederhana, Cara Membuat Es Doger Sederhana
Es Doger / infokuliner.com
>> Resep dan Cara Membuat Es Cendol Bandung dari Tepung Beras
Meskipun es doger gampang diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau, namun tidak ada salahnya jika kita membuatnya sendiri di rumah bukan? Cara membuat es doger sederhana ala rumahan sebetulnya cukup mudah, lho!

Es doger biasanya menggunakan es yang diserut, yang kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti santan, sirup cocopandan, gula dan susu. Agar es serut ini bisa bertahan lama, dibutuhkan es batu yang berkualitas bagus.

Es batu yang bagus dan mampu bertahan lama (tidak cepat mencair) adalah es batu yang dibuat hingga berkabut. Es batu seperti ini bisa dibuat seperti biasa, namun dengan suhu freezer yang lebih rendah dan waktu yang lebih lama.

Untuk memudahkan, disini kita akan menggunakan blender sebagai pengganti serutan es. Dengan menggunakan blender, prosesnya bisa lebih cepat dan lebih praktis.

Siapkan blender kemudian masukkan es batu yang sudah dihancurkan. Masukkan gula halus, susu kental manis, santan dan sirup cocopandan. Blenderlah hingga es batu menjadi lembut dan lumat.

Sampai disini, es sudah siap digunakan. Namun jika ingin hasil yang lebih bagus, es yang sudah lembut tersebut dimasukkan kedalam freezer hingga beku. Setelah beku, es kita blender lagi. Proses ini menghasilkan es yang lebih lembut.

Resep Es Doger Sederhana Ala Rumahan

Es doger memiliki bahan yang cukup beragam dan tidak memiliki patokan bahan yang pasti. Namun biasanya, es doger menggunakan bahan-bahan seperti alpukat, tape singkong, ketan hitam, pacar cina, cincau, potongan roti tawar, kelapa muda, nangka dan lain-lain.

Bahan tersebut tidak wajib, artinya kita bisa menggunakan bahan-bahan sederhana sesuai selera atau ketersediaan. Namun untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap, alangkah baiknya jika es doger dibuat komplit.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk resep es doger sederhana ala rumahan. Simak juga cara membuat es doger sederhana melalui step by stepnya berikut ini untuk lebih memudahkan. Yuk cekidot!
>> Resep dan Cara Membuat Es Teler Spesial

Bahan Resep Es Doger Sederhana

  1. 100 gr tape singkong, potong dadu
  2. 100 gr cincau hitam, potong dadu
  3. 100 gr pacar cina
  4. 100 gr ketan hitam
  5. 5 lbr roti tawar, potong dadu
  6. 5 bh daging buah nangka, cincang dadu
  7. 1 bh alpukat matang, serok/potong dadu
  8. 1 bh kelapa muda, ambil daging buahnya saja
  9. 100 ml santan kental
  10. 100 gr gula halus
  11. susu kental manis secukupnya
  12. sirup cocopandan secukupnya
  13. es batu yang dihancurkan, secukupnya

Cara Membuat Es Doger Sederhana Ala Rumahan

  1. Sebagai langkah pertama, kita persiapkan esnya terlebih dahulu. Es doger yang biasa dijual oleh abang-abang menggunakan es serut yang diberi berbagai bahan seperti sirup, susu dan santan. Untuk memudahkan, kita akan membuatnya menggunakan blender saja.
  2. Siapkan blender. Masukkan es batu yang sudah dihancurkan, gula halus, santan, susu kental manis dan sirup cocopandan. Blender hingga es batu menjadi lembut. Sampai disini, es sudah siap dan bisa langsung dibuat es doger. Jika ingin hasil yang lebih bagus, masukkan es yang sudah diblender lembut kedalam freezer hingga beku, sesudah itu blender lagi hingga lembut.
  3. Siapkan gelas/mangkuk saji. Tuangkan es yang sudah lembut yang kita buat tadi kedalam gelas/mangkuk.
  4. Tata bahan lain diatasnya seperti tape singkong, cincau, pacar cina, ketan hitam, potongan roti tawar, alpukat, kelapa muda dan potongan daging buah nangka.
  5. Tuangkah lagi es yang diblender lembut diatasnya. Terakhir, siramkan susu kental manis diatasnya.
  6. Es doger spesial ala rumahan siap disajikan! (untuk 5-10 porsi)
>> Resep dan Cara Membuat Es Oyen Bandung Spesial
Bagaimana? Cara membuat es doger sederhana ala rumahan ternyata cukup mudah bukan? Biarpun sederhana, namun urusan rasa jangan ditanya. Maknyus!

Resep es doger sederhana ini memiliki cita rasa yang mantap. Gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas terbaik, apalagi untuk konsumsi sendiri tidak ada salahnya dibuat seenak mungkin. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Disclaimer

Semua gambar yang anda temukan di sini diyakini ada di dalam "domain publik". Beberapa gambar yang ditampilkan tidak diketahui secara pasti sumber asalnya. Kami tidak berniat untuk melanggar hak intelektual yang sah, hak artistik atau hak cipta. Jika Anda adalah pemilik sah dari salah satu gambar yang diposting di situs ini, dan tidak ingin ditampilkan atau jika Anda memerlukan kredit yang sesuai, maka silakan hubungi kami dan kami akan segera melakukan apa saja yang diperlukan dengan menghapus atau memberikan kredit pada konten yang ditampilkan.

Total Pageviews

Powered by Blogger.